Arloji Zenith Chronomaster Revival “Shadow”

Mesin chronograph Kaliber El Primero buatan Zenith menandai ulang tahunnya yg ke 50 di tahun 2019 kemarin, dipakai oleh beberapa arloji bersejarah yg akhir akhir ini kembali mereka buat, termasuk bangkitnya El Primero pertama dari tahun 1969. Tahun ini, Zenith melanjutkan trend pembuatan ulang dari edisi vintage ini dengan membuat Arloji Zenith Chronomaster Revival “Shadow” yg tidak lain adalah modern reissue dari model purwarupa legendaris langka yg dirahasiakan sejak 1970.

Satu tahun setelah merilis model Zenith Reference A384, yg merupakan arloji pertama yg diisi dengan mesin mekanikal otomatis El Primero, Zenith lalu mengembangkan mesin chronograph lainnya, kali ini yg berjenis putaran manual, yg sasis utamanya terbuat dari bahan baja yg dihitamkan, sebuah aplikasi yg sangat jarang pada era tersebut. Hanya beberapa unit yg berhasil dibuat, dan tidak satupun yg dijual ke pasaran. Bahkan sangat sedikit dari pegawai Zenith yg mengetauhi purwarupa ini, dan hanya beberapa dari mereka yg sudah lama bekerja disana yg mengetahui keberadaannya. Model yg tak lazim ini resmi diluncurkan tahun lalu setelah Zenith menemukan dokumen rahasia dilokasi dimana Charles Vermot menyimpan bagian bagian dan dokumen El Primero ketika Quartz Crisis.

Versi The Revival yg diberi nama panggilan “Shadow,” mempertahankan sasis berukuran 37-mm yg sama dengan pendahulunya ( sama juga dengan model A384) namun mengganti bahan baja hitam dengan material titanium abu abu matte gelap yg bertekstur semburan mikro. Didalamnya, mesin mekanilkal otomatis El Primero 4061 dipakai menggantikan kaliber chronograph putaran manual yg dipakai oleh pendahulunya, dengan kecepatan frekuensi 36,000 vph, daya cadangan operasi 50 jam dan sebuah mekanisme stopwatch yg dikontrol oleh roda gigi kolom.

DIal berwarna hitam dilengkapi dengan tiga buah subdial berwarna abu abu dengan pola keong , detik kecil diposisi jam 9 , penjumlah 12 jam di posisi jam 6 dan penjumlah 30 menit di arah jam 3 dan dibatasi oleh sebuah lingkar skala tachymeter berwarna abu abu. Jarum jarum dan marka penunjuk jam dilapisi dengan bahan rhodium, dipotong  facet dan diisi dengan material Super-LumiNova putih yg ketika menyala berwarna hijau terang dalam kondisi gelap.

Arloji Zenith Chronomaster Revival “Shadow” ditawarkan dalam paket kelengkapan bersama tali jam karet hitam bertekstur cordura, yg terpasang ke lengan pemakainya lewat kepala gesper yg bahannya sama dengan sasis utama. Arloji keren ini ditawarkan dengan harga $8,200 atau setara dengan IDR 131.200.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *