Arloji Vacheron Constantin Les Cabinotiers Astronomical Striking Grand Complication

Vacheron Constantin membuat satu satunya koleksi arloji berdentang dan satu satunya yg dengan puitis dinamai dengan “La Musique du Temps,” dan tahun ini diperbarui dengan model Arloji Vacheron Constantin Les Cabinotiers Astronomical Striking Grand Complication ,dipamerkan pada platform virtual Watches & Wonders 2020. Jam tangan ini diisi dengan tidak kurang dari 19 jenis komplikasi, ditampilkan pada dua buah muka dial, kesemuanya dibangun diatas dasar fondasi fungsi pengulang menit atau minute repeater dan dijejali kedalam sebuah mesin kaliber yg tebalnya kurang dari 8 mm.

Sebagai tambahan fungsi bagi mekanisme minute repeater, jam tangan ini juga menyertakan sebuah fungsi kalender abadi dengan fase pergerakan bulan , indikasi pewaktuan matahari , sipil dan waktu sideris, serta tampilan astronomikal lainnya seperti lambang zodiak dan indikator untuk musim dan gerhana.

Dirangka oleh sebuah sasis emas rose gold berukuran 45 mm, dial utama berwarna biru opaline diisi dengan serangkaian fitur mulai dari jarum jarum sentral sebagai penunjuk waktu sipil dan matahari, ujung jarumnya dibedakan oleh sebuah penunjuk “matahari”, kedua jarum lalu berperan sebagai indikator persamaan waktu, sebuah jarum berbentuk ular mengindikasikan penaggalan pada sebuah subdial diposisi jam 3, tampilan berjenis penunjuk dari waktu matahari terbit dan tenggelam, ditemani oleh sebuah indikator siang malam linear diposisi jam 6, hari , bulan dan tahun kabisat terkini diletakkan pada sebuah lubang bukaan diantara posisi jam 12 dan jam 2, dan sebuah lubang bukaan di posisi jam 9 untuk fase pergerakan bulan dan umur serta inikator siang malam. Lambang zodiak ditampilkan dalam sebuah jendela kecil yg melengkung diposisi jam 4:30. Perbedaan antara waktu matahari dan sipil rentangnya antara -16 sampai +14 menit per hari tergantung waktu tahunan, jadi kedua waktu tersebut dapat dibaca secara bersamaan pada jarum jarum sentral, yg hanya selaras satu sama lainnya 4 kali setahun.

Disisi yg satunya lagi ,terdapat sebuah peta langit yg terbuat dari dua buah cakram safir yg berfungsi untuk melacak waktu sideris ( satu hari sideris dihitung dari waktu yg diperlukan Bumi untuk membuat satu putaran penuh, atau tepatnya 23 jam, 56 menit dan 4 detik). Salah satu dari cakram adalah cakram berjalan yg dibatasi oleh sebuah skala pewaktuan sideris yg berputar senada dengan bumi dan dilengkapi sebuah objek lonjong biru. Yg satunya lagi adalah cakram tetap yg dihiasi dengan “kubah langit” konstelasi Bima Sakti. Area lonjong berwarna biru yg disebutkan sebelumnya berfungsi sebagai  sebuah indikator dari konstelasi , sementara dua indikator lonjong lainnya yg ada pada cakram bergerak, yg berwarna putih untuk ekuator langit dan yg merah untuk melacak kemiringan jalur pergerakan dan orbit Bumi. Cakram yg bergerak berputar setiap hari per empat menit dalam hubungannya dengan cakram lainnya dan bersama mereka menyediakan tampilan pergerakan langit dari titik yg dipilih di Bumi.

Satu dari sedikit mesin yg mempunyai mekanisme minute repeater bersama indikasi pewaktuan Matahari, sipil dan sideris , mesin mekanikal Kaliber 1731 M820 menggunakan tidak kurang dari 600 komponen untuk menggerakkan serangkaian komplikasi astrologisnya namun terbilang sangat tipis dengan ketebalan hanya 7.84 mm. Menampung daya cadangan operasi selama 60 jam, mesin putaran manual ini juga dihiasi dengan dekorasi kelas tinggi yg mendapatkan tanda Hallmark of Geneva.

Arloji Vacheron Constantin Les Cabinotiers Astronomical Striking Grand Complication dilengkapi dengan sepasang tali jam kulit buaya biru Mississippi dengan kait lipat dari emas rose gold. Sebagai bonus, paket penjualan arloji unik nan langka ini disertai dengan sebuah rekaman suara original dari mekanisme minute repeater didalamnya yg direkam di Abbey Road Studios yg legendaris , yg baru baru ini bekerjasama dengan Vacheron Constantin dalam peluncuran koleksi FiftySix di tahun 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *