Arloji Seiko 5 Sports Bezel-less

Baru baru ini, Seiko merilis sekumpulan  tanpa bezel diver putar , ini adalah pembaruan didlaam lini produk Seiko 5 Sports modern sejak debut perdananya di tahun 2019.

Seiko 5 Sports pertama kali dirilis pada tahun 1968, meneruskan perilisan dari model Seiko 5 awal awal di tahun 1963. Model Seiko 5 Sports dibuat lebih tangguh dibanding dengan model Seiko 5, lengkap dengan sebuah bezel dan muka dial yg sedikit lebih sporty. Desain dari kedua model Seiko 5 Sports dan non Sports mengusung 5 prinsip kualitas yakni “bermesin mekanikal otomatis,  tamapilan tanggal dan hari di posisi jam 3, tahan air, kepala crown diposisi jam 4, dan sebuah sasis dan tali rantai yg kokoh.” Kelima prinsip desain ini menjadi landasan angka “5” yg ada pada nama Seiko 5. Kelima faktor ini menurut Seiko, adalah semua yg pemakai inginkan dari sebuah arloji sport kasual.

Model yg baru ini terlihat mirip dengan model diver yg dirilis tahun lalu. Sasis baja dengan sentuhan tekstur sikat berukuran diameter 40 mm, menggunakan kuping lug yg bersudut dan sebuah pelindung yg melengkung untuk melindungi kepala crown yg terletak di posisi jam 4. Pinggiran bezel yg mengelilingi dial tampak halus, menyediakan tampilan yg lebih bersih dibanding edisi sebelumnya, dan agaknya membuat jam tangan ini lebih multiguna untuk pemakaian sehari hari. Hilangnya bagian bezel putar juga berkontribusi terhadap menipisnya ukuran ketebalan.

Pada bagian muka dial, terlihat konfigurasi yg identik dengan yg ada pada model edisi diver, dengan sebuah cincin lingkar luar untuk penanda menit , marka marka penanda jam bulat , penanda berbentuk lonjong diposisi jam 6 dan 9, serta sebuah penanda segitiga disisi atas. Sebagai tambahan, ada sebuah jendela tanggal dan hari di arah jam 3 , sebuah tulisan kata “Automatic” pada sisi bawah dial, dan logo “Seiko” dan “Seiko 5” modern di area atas. Yg berputar mengelilingi dial adalah jarum jarum ramping bergaya pedang / jarum suntik sebagai penunjuk jam dan menit , sementara sebuah jarum dengan bulatan di salah satu bagian ujungnya berfungsi sebagai penunjuk detik.

Seiko 5 Sports yg baru tersedia dalam berbagai variasi warna mulai dari abu abu, hijau, biru , hitam dan emas, serta sebuah edisi yg keseluruhannya berwarna hitam matte, sepasang model dua warna dan beragam pilihan tali jam NATO warna warni atau tali rantai bergaya Oyster.

Didalam model Seiko 5 Sports yg baru ini tersemat mesin mekanikal otomatis Seiko Kaliber 4R36, yg semua mekanismenya sama dengan yg ada pada model Seiko 5 Sports diver sebelumnya. Mesin ini didukung oleh 24 buah permata dan menyediakan daya cadangan selama 41 jam, dan ditutup oleh penutup sasis belakang transparan dari kaca kristal safir ( kemungkinan Hardlex ).

Arloji Seiko 5 Sports Bezel-less yg baru ini rencananya akan mulai tersedia bulan ini, dengan bandrol harga jual mulai dari $275 sampai $325 atau IDR 4,125,000 – IDR 4,875,000 , sedikit lebih terjangkau dibandingkan model Seiko Sports 5 Diver sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *