Arloji H Moser & Cie Vantablack

Di tahun 2018, H.Moser & Cie. meluncurkan model Endeavour Perpetual Moon Concept, arloji pertama mereka yg dibekali sebuah dial yg terbuat dari bahan Vantablack, sebuah material yg dianggap sebagai “warna hitam tergelap yg pernah dibuat.” Tahun ini, perusahaan pembuat arloji asal Schaffhausen ini membawa estetika hitam tersebut ke level selanjutnya dengan meluncurkan 3 buah model baru didalam koleksi Arloji H Moser & Cie Vantablack dengan kombinasi warna monokromatik gelap dari dial Vantablack dan jarum jarum berwarna hitam.

Dua diantaranya adalah model Venturer yg hanya menunjukkan waktu yakni Venturer Vantablack Black Hands dalam sasis emas putih berukuran 39-mm, dan model Venturer Vantablack XL dalam sasis baja berukuran diameter 43-mm. Yg ketiga merupakan model tourbillon dari koleksi Endeavour, dalam sasis baja berlapis DLC hitam berukuran 42 mm. Ketiga model tersebut dibedakan oleh esetika minimalis ekstrem yg sejak dulu menjadi ciri khas Moser, tentunya bersama tema warna hitam diatas hitam dan jarum jarum berbentuk daun.

Vantablack, yg merupakan singkatan dari Vertically Aligned NanoTube Array, adalah bahan yg dikomposisi dari tabung karbon nanotube, setiap darinya 10,000 kali lebih kecil dari rambut manusia, Yg disusun secara vertikal satu sama lainnya dan mampu menyerap sampai dengan 99.965 persen cahaya. Material ini sebelumnya sudah dimanfaatkan pada teleskop yg dipakai oleh astrofisikawan untuk mencegah cahaya masuk, dan untuk aplikasi militer seperti kamuflase suhu termal. Dilindungi oleh sebuah kaca kristal safir, dial Moser Vantablack bersama jarum jarum berwarna hitam menampilkan fungsi penunjukan waktu secara “stealth” atau tersembunyi, hanya dapat terlihat oleh pemakainya.

Kedua model Venturer Vantablack dan Venturer Vantablack XL dibekali mesin mekanikal putaran manual Kaliber HMC 327 buatan Moser dengan 29 buah permata, kecepatan frekuensi 18,800 vph dan penampungan daya cadangan operasi minimum selama 3 hari atau 72 jam. Ditampilkan lewat penutup sasis belakang transparan dari kaca kristal safir, mesin ini dipercantik dengan beragam sentuhan dekorasi dan dilengkapi roda penyeimbang dengan per rambut Straumann yg khas milik Moser.

Model Endeavour Tourbillon Vantablack Black Hands diisi dengan mesin mekanikal otomatis tourbillon Kaliber HMC 804, tampak dibalik penutup sasis belakang safir. Mesin ini dilengkapi dengan sebuah per rambut ganda flat yg diproduksi sendiri oleh Moser, sebuah inovasi desain yg dirancang Moser untuk meningkatkan akurasi dengan mengoreksi gerakan titik gravitasi pada setiap pasangan per selagi keduanya melebar. Akurasi penunjukan waktu dan isokronisme lalu ditingkatkan dalam sistem ini  dikarenakan hal ini mengurangi efek friksi yg umumnya berkaitan dengan desain per rambut tradisional. Pemasangan tourbillon, yg menyeruak keluar lewat sebuah lubang bukaan di posisi jam 6, adalah sebuah modul “plug and play” yg dapat dipertukarkan, dibangun dan diregulasi secara mandiri untuk kemudahan perawatan. Rotor putar dua arah yg dibuat bergaya rangka skeleton dan terbuat dari bahan emas rose gold 7818k, menyalurkan energi ke barel daya melalui sebuah sistem pemutaran dua arah yg mengurangi waktu yg dibutuhkan untuk memutar per daya utama. Penghubung mekanisme penyeimbang dan pelolosan terbuat dari bahan aluminium bertaraf industri aeronautika penerbangan.

Model model Moser Vantablack Black Hands dilengkapi dnegan tali jam kulit buaya hitam dengan gesper pin dari bahan yg sama dengan bagian sasis. Venturer dalam bahan emas putih 18k dibandrol dengan harga $27,600, Venturer XL dalam bahan baja seharga $26,600, Endeavour Tourbillon dalam bahan baja / DLC hitam dengan harga $69,000. Ketiga dari Arloji H Moser & Cie Vantablack yg baru akan segera tersedia secara online melalui toko jam tangan dan butik arloji resmi yg ditunjuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *