5 Arloji Legendaris Rancangan Gerald Genta

Selama karirnya, perancang arloji legendaris Gerald Genta (1931-2011) telah menciptakan beberapa model jam tangan yg paling ikonik di dunia, bekerjasama dengan berbagai merek mulai dari Omega sampai Audemars Piguet dan IWC dan pada akhirnya mendirikan sebuah merek independen (sekarang sudah diserap oleh Bulgari, yg tidak lain merupakan salah satu kliennya) dibawah namanya sendiri. Ini adalah warisan dari pengaruh desainnya yg membuat jam tangan rancangannya menjadi tanda dari masing masing merek dan gaya arloji yg tetap populer. Dibawah ini kita akan mengulas 5 Arloji Legendaris Rancangan Gerald Genta.

  1. Audemars Piguet Royal Oak

Genta membawa desain Royal Oak rancangannya kepada Audemars Piguet pada tahun 1970. Selagi ceritanya berjalan, Genta menggambar desain jam tangan ini dalam satu malam, setelah mendapat inspirasi dari seorang penyelam yg memakai sebuah helm selam kuno yg terpasang ke baju selamnya melalui 8 buah sekrup. Ini lalu diterjemahkan menjadi sebuah desain jam tangan dengan sasis berbentuk segi delapan atau oktagonal dengan 8 buah sekrup dibagian bezel. Desain oktagonal telah menjadi elemen yg tetap dipertahankan sampai saat ini, seperti yg ada pada model AP Royal Oak Offshore tahun 1993, dan AP Royal Oak Offshore Diver di tahun 2013.

  1. Bulgari Bulgari

Inspirasi dari jam tangan Bulgari Bulgari yg pertama adalah sebuah koin kuo dari jaman Romawi yg mana tergambar wajah kaisar yg dikelilingi oleh ukiran tulisan. Genta mengaplikasikan elemen desain ini ke bagian bezel jam tangan, yg terdiri dari dua ukiran kata “Bulgari” yg diturunkan dari pengulangan namanya. Bentuk silindrikal dari sasis juga dipengaruhi oleh jaman Romawi kuno, lebih spesifiknya oleh kolom kuil kuil Romawi. Lebih dari 36 tahun eksistensinya, Bulgari Bulgari hanya mengalami sedikit perubahan, termasuk transisi dari pemakaian mesin quartz ke mesin mekanikal, dan beberapa pilihan variasi ukuran yg sesuai dengan citarasa modern. Bulgari meluncurkan versi pembaruan dari jam tangan Bulgari Bulgari di tahun 2018.

  1. IWC Ingenieur

Genta juga berperan dalam merancang ulang jam tangan IWC Ingenieur. Diluncurkan tahun 1976, IWC Ingenieur SL rancangan Genta juga dibekali dengan tambahan 5 buah sekrup pada bagian bezel ( mirip dengan sekrup pada bezel AP Royal Oak). Elemen ini menjadi bagian tak terpisahkan dari desain IWC Ingenieur, sama seperti yg ada pada model IWC Ingenieur Double Chronograph Titanium, yg diperkenalkan beberapa tahun sebelum IWC memperbarui koleksi mereka. IWC bahkan meluncurkan desain ulang Ingenieur dengan tampilan yg lebih retro pada tahun 2017.

  1. Omega Constellation

Genta juga telah merancang beberapa model didalam koleksi jam tangan Omega Constellation. Omega Constellation terus berlanjut produksinya sampai saat ini, termasuk versi yg baru baru ini dirilis, dengan sebuah sasis dari bahan Sedna Gold yg dikembangkan sendiri oleh Omega.

  1. Patek Philippe Nautilus

Patek Philippe Nautilus adalah salah satu model jam tangan hasil rancangan Genta. Setelah mengetahui keluarga Stern sangat antusias dengan kapal yachts, Genta merancang Nautilus pada tahun 1974 sebagai sebuah arloji sport dengan bagian bezel yg mewakili lubang angin kapal. Genta juga merancang model Golden Ellipse untuk Patek Philippe di tahun 1968. Jam tangan Patek Philippe Nautilus menjadi salah satu arloji sport mewah yg paling mewah dan ikonik.

Setiap dari 5 Arloji Legendaris Rancangan Gerald Genta memiliki keunikan dan ciri khas mereka sendiri sebagai sebuah karya seni bercita rasa tinggi dan abadi.