Arloji Blancpain Fifty Fathoms Bathyscaphe Day Date 70s

Dalam sejarahnya, Blancpain Bathyscaphe adalah model yg usianya terbilang lebih muda didalam baris produk seri Fifty Fathoms, model awalnya dirancang pada tahun 1952 untuk angkatan laut Perancis , sebuah industri yg merubah jam tangan penyelam atau diver berkat desain dan kemampuan ketahanan bawah airnya yg mengesankan. Blancpain Bathyscaphe, dalam perbandingannya, berukuran beberapa milimeter lebih kecil, kalah populer secara signifikan dan proses produksinya dihentikan sejak sekitar satu dekade yg lalu. Dapat dibilang, model ini bukanlah arloji tersukses yg dibuat oleh Blancpain. Namun, nama Bathyscaphe telah dibangkitkan kembali pada era modern sebagai seri turunan dari koleksi Fifty Fathoms, terutama sebagai kanvas dasar untuk desain yg lebih eksperimental bila dibandingkan dengan desain yg adapada model Fifty Fathoms yg lebih tradisional.

Pada kesempatan ini, kita akan mengulas Arloji Blancpain Fifty Fathoms Bathyscaphe Day Date 70s terbaru yg terinspirasi dari Sebuah arloji Fifty Fathoms yg dibuat pada tahun 1970an. Membawa sasis standar Bathyscaphe berdiameter 43-mm dengan tekstur sikat, dicirikan dari bagian kepala crownnya yg besar, kuping lug selebar 23-mm dan cincin bezel putar satu arah berwarna hitam dengan marka berbentuk berlian yg khas . Bagian dial fume hitam keabu abuan, memancarkan nuansa vintage. Pada sudut luarnya terletak sebuah cincin jalur menit dengan kotak kotak dan penomoran Arabik beraksen warna merah disetiap 5 menitnya, sebuah cetakan segitiga pada bagian atas muka dial serta sebuah jendela hari dan tanggal pada posisi jam 3. Bagian dalaman interior terdapat marka penunjuk jam berbentuk kotak yg diberi aksen luminescent, dua jarum kotak dengan ujung meruncing sebagai penunjuk jam dan menit serta sebuah jarum detik “lollipop” yg ujungnya berwarna merah.

Didalam sasisnya yg tahan air sampai kedalaman 300 meter terletak mesin Kaliber 1315DD, sebuah mesin mekanikal otomatis handal yg dibuat sendiri oleh Blancpain dan menyediakan daya cadangan operasi selama 5 hari atau 120 jam. Mesin dan bagian rotor disentuh dengan sedikit dekorasi ringan, sementara penutup sasis belakang menampilkan jeroan yg lebih berfokus pada fungsi.

Sementara versi modern terinspirasi langsung dari sejarah dan dibekali beberapa fitur yg sama dengan desain awalnya, Blancpain tetap memasukkan elemen desain modern. Sebagai contohnya, model vintage dari Fifty Fathoms (yg mana bukanlah model Bathyscaphe) yg menginspirasi model yg baru ini turut memasukkan beberapa elemen khas 1970s yg mewakili langkah besar dari koleksi Fifty Fathoms Bathyscaphe modern. Ini terlihat dari desain “super compressor” yg diindikasikan melalui dua buah kepala crown dan cincin bezel putar dalam , sasis bantal yg besar dan marka penomoran waktu yg kikuk, jendela penanggalan dan hari serta dial fume abu abu yg menawan.

Arloji Blancpain Fifty Fathoms Bathyscaphe Day Date 70s adalah sebuah karya neo vintage yg sangat menarik diantara penggemar arloji Blancpain , mendemonstrasikan sebuah niat besar Blancpain untuk memperluas koleksi mereka yg terinspirasi oleh sejarah. Model ini lahir setahun setelah peluncuran Blancpain Fifty Fathoms MIL-SPEC , dan sepertinya akan lebih banyak lagi model model arloji terinspirasi desain vintage yg akan muncul selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *